Header AD

intro ads

Percepat swasembada jagung dengan teknologi

Alat mesin pertanian pemanen jagung
Kementerian Pertanian terus mendorong inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembangunan pertanian Indonesia. Salah satunya ditunjukkan Badan Litbang Pertanian dengan mewujudkan berbagai mesin berteknologi modern untuk pengolahan pertanian. Terkait upaya pencapaian swasembada jagung, Badan Litbang Pertanian telah merekayasa tiga prototipe mesin modern, yakni Mesin panen multi komoditas jagung dan padi, Mesin olah tanah amphibi dan Mesin penanam jagung. Ketiga mesin tersebut dapat dioperasikan secara bersamaan sehingga akan mempercepat waktu budidaya dan meningkatkan indeks pertanaman jagung.
 
Apa keunggulan ketiga mesin itu? Untuk mesin panen multi komoditas jagung dan padi memiliki kemampuan panen selama 3 jam/ha. Mesin olah tanah amphibi memiliki kapasitas 3.5 jam/ha. Mesin ini dapat digunakan secara bersamaan setelah jagung dipanen. Sedang mesin penanam jagung memiliki kemampuan memanen jagung 8 jam/ha.
 
Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, ketiga mesin pengolah pertanian itu dapat menekan biaya produksi para petani.

Harus diakui, kehadiran teknologi dalam pembangunan pertanian di Indonesia memang sulit untuk ditolak. Bahkan, integrasi pengembangan teknologi dalam pembangunan pertanian tersebut bisa disebut wajib dilakukan jika Indonesia ingin mengembangkan pertanian modern.
Apalagi jika Indonesia ingin menjadi lumbung pangan dunia, maka proses mekanisasi dunia pertanian perlu lebih diperkuat lagi. Dan ternyata, kehadiran teknologi pertanian ini telah diterima oleh para petani Indonesia. Salah satunya ditunjukkan petani daerah Tulung Agung.
 
Perlu ducatat, teknologi pertanian yang dikembangkan di luar negeri, sudah lebih maju lagi. Untuk itu, jika Indonesia ingin segera swasembada jagung,  para petani jagung juga perlu didukung para ilmuan dalam melahirkan aneka teknologi yang lebih canggih lagi. Artinya, dalam mewujudkan swasembada jagung, tidak cukup menagani perluasan lahan dan penggunaan bibit unggul, tapi juga butuh memikirkan mesin pengolahnya.
Percepat swasembada jagung dengan teknologi Percepat swasembada jagung dengan teknologi Reviewed by Admin on Februari 23, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD

home ads