Header AD

intro ads

Atasi Gejolak Harga, Mentan Bagian 500 Ribu Bibit Cabai Gratis di Lampung


Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman kembali mencanangkan Gerakan Tanam (Gertam) cabai. Kali ini dilakukan di Kantor BPTP Balitbangtan Lampung, Jalan ZA Pagar Alam, pada Kamis (16/2/2017). Dalam gertam cabai tersebut Kementan membagikan 500 ribu bibit cabai secara gratis kepada ibu-ibu setempat.

Program Gertam Cabai dari Kementerian Pertanian (Kementan) ini dinilai dapat mengendalikan dan menekan harga cabai di pasaran. Mentan mengatakan, pihaknya akan upayakan kestabilan harga cabai secepat mungkin dengan mengirim tim khusus untuk mengawal daerah-daerah sentra produksi cabai. Disebutkan, produktivitas cabai saat ini sedang terkendala masalah iklim. diperkirakan, gangguan iklim itu akan terjadi sampai Maret dan April.

Selama menggalakkan Gertam cabai di berbagai daerah, Mentan selalu menegaskan bahwa masalah harga cabai dapat segera diatasi jika masyarakat bersedia menanam cabai di rumah masing-masing minimal lima tanaman.

Dinas Pertanian Lampung sendiri sudah berupaya meningkatkan produksi dalam upaya memenuhi swasembada cabai. Kepala Bidang Hortikultura Dinas PTPH Lampung Eko Dyah Purwaningsih, mengatakan, dari Kementan juga telah melakukan pakta integritas untuk penanaman cabai dan pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian seluruh kabupaten/kota se-Lampung untuk penyediaan bibit cabai merah besar/keriting untuk luas tanam 6.300 ha dan cabai hijau 2.940 ha.

Dalam Gertam di Lampung, BPTP Balitbangtan Lampung mengandeng Pengurus Wilayah Kaukus
Perempuan Politik Indonesia (PW KPPI) Provinsi Lampung dan Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (DPD IWAPI) Provinsi Lampung. Kerjasama ini ditandai penandatanganan nota kesepakatan dan penyerahan bibit cabai. Bantuan bibit cabai gratis tersebut diserahkan kepada pengurus PW KPPI dan DPD IWAPI Provinsi Lampung.
Atasi Gejolak Harga, Mentan Bagian 500 Ribu Bibit Cabai Gratis di Lampung Atasi Gejolak Harga, Mentan Bagian 500 Ribu Bibit Cabai Gratis di Lampung Reviewed by Admin on Februari 18, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD

home ads